Sunday, February 9, 2020

BAHASA INDONESIA
Topik: Teks Laporan Hasil Pengamatan
Subtopik: Mengenal Kesimpulan Teks Laporan Hasil Pengamatan

Bacalah kutipan teks berikut ini!
Salah satu kegiatan kucing yang sering dilakukan yaitu memijat. Kucing memijat dengan cara menekankan telapak tangannya secara bergantian (kanan dan kiri), dan ada juga yang memijat dengan menarik (mengeluarkan) cakarnya. Kucing biasanya memijat manusia atau kucing lain dengan disertai suara dengkuran. Jika kucing memijat pemiliknya, hal tersebut telah menandakan bahwa mereka merasa aman dan nyaman. Selain itu, dia juga telah menganggap orang yang dipijatnya sebagai pemiliknya.


6. Pernyataan yang tepat berdasarkan teks tersebut adalah ….
   A. Kucing akan mencakar saat sedang memijit manusia atau kucing lain.
   B. Kucing hanya memijit manusia yang membuatnya merasa aman dan nyaman.
   C. Kucing akan saling memijit kucing lain jika sedang saling membutuhkan.
   D. Kucing dapat merasakan aman dan nyaman dipijit oleh manusia yang dianggap majikannya.

Jawaban: B
Pembahasan:
Pernyataan yang tepat berdasarkan teks tersebut terdapat pada pilihan jawaban B karena telah dijelaskan bahwa Jika kucing memijat pemiliknya, hal tersebut telah menandakan bahwa mereka merasa aman dan nyaman. Pilihan jawaban A tidak tepat karena kucing hanya mengeluarkan cakarnya untuk memijit yang tidak bertujuan untuk mencakar. Pilihan jawaban C tidak tepat karena tidak dijelaskan dalam teks. pilihan jawaban D tidak tepat karena teks tersebut membahas tentang kucing yang memijat manusia atau kucing lain, bukan kucing yang dipijit oleh manusia.
Latihan Soal PAS SD indonesia
Topik: Teks Eksplanasi Ilmiah
Subtopik: Menganalisis Teks Eksplanasi Ilmiah

Bacalah teks eksplanasi berikut ini!
Pergeseran lapisan bawah bumi dan letusan gunung yang dahsyat menjadi penyebab gempa bumi. Selain itu,  gempa bumi terjadi begitu cepat dengan dampak yang begitu hebat. Oleh karena itu, akibat yang ditimbulkan sangat luar biasa. Getaran gempa bumi sangat kuat dan merambat ke segala arah sehingga dapat menghancurkan bangunan dan menimbulkan korban jiwa.
7. Gempa bumi terjadi diakibatkan oleh ….
   A. Letusan gunung berapi
   B. Getaran atau guncangan yang terjadi di bumi
   C. Pergeseran lapisan bawah bumi dan letusan gunung yang dahsyat
   D. Pergeseran bangunan

Jawaban: C
Pembahasan:
Penyebab terjadinya gempa bumi dijelaskan pada kalimat pertama yaitu Pergeseran lapisan bawah bumi dan letusan gunung yang dahsyat menjadi penyebab gempa bumi. Oleh karena itu, jawaban yang tepat adalah C.
Latihan Soal PAS SD indonesia
Topik: Teks Pidato
Subtopik: Menganalisis Teks Pidato

Perhatikan kutipan teks berikut ini !
(1) Saya berharap dengan adanya tindakan-tindakan kecil yang telah saya sebutkan sebelumnya diharapkan mampu menyadarkan kita semua untuk menjaga kebersihan lingkungan sekolah. (2) marilah kita mulai dari diri sendiri untuk menjaga kebersihan lingkungan sekolah dengan caranya masing-masing. (3) Kebersihan berpengaruh besar terhadap kesehatan maka dari itu kebersihan perlu dijaga oleh kita dan untuk kita juga kepada Tuhan Yang Maha Esa. (4) Demikianlah pidato yang saya sampaikan pada hari ini.
8. Kalimat yang menyatakan ajakan pada penutup pidato di atas terdapat pada nomor ….
   A. (1)
   B. (2)
   C. (3)
   D. (4)

Jawaban: B
Pembahasan:
Kalimat ajakan merupakan kalimat yang berisi untuk melakukan suatu hal. Kalimat tersebut terdapat pada kalimat (2) karena terdapat kata “marilah” yang berarti mengajak pendengarnya untuk melakukan sesuatu, yakni menjaga kebersihan. Oleh karena itu, jawaban yang tepat adalah B.
Latihan Soal PAS SD indonesia
Topik: Buku Sejarah
Subtopik: Mengenal Unsur ADiKSiMBa dalam Buku Sejarah

Bacalah teks berikut untuk mengerjakan soal nomor 9 dan 10!
(1) Gendang adalah jenis alat musik pukul dalam kelompok genderang yang paling dikenal di dunia.  (2) Alat musik ini dibuat dari kulit binatang yang diregangkan pada mulut tabung kayu dengan berbagai bentuk dan ukuran yang berbeda-beda. (3) Gendang sudah dimainkan di Cina sejak 3000 tahun yang lalu untuk ritual sembahyang atau dalam nyanyian, tarian, perang, penggembalaan hewan, tanda waktu, dan alarm.  
(4) Pada suku-suku kuno gendang dipakai juga sebagai ritual tertentu atau untuk membangkitkan kegembiraan. (5) Di nusantara gendang sudah dikenal sejak abad ke-9 sebagai alat musik pokok untuk acara persilatan, rentak tari menari, dan penyambutan raja atau tamu terhormat yang pada pokoknya untuk memeriahkan suasana perayaan.
9. Unsur pertanyaan bagaimana terdapat pada kalimat ....
   A. (1)
   B. (2)
   C. (3)
   D. (4)

Jawaban: B
Pembahasan:
Unsur pertanyaan bagaimana berarti menanyakan tentang suatu proses. Berdasarkan hal tersebut, kalimat yang menjelaskan tentang suatu proses terdapat pada kalimat (2) yang menjelaskan tentang cara membuat gendang. Kalimat pertanyaan yang sesuai yaitu bagaimana cara membuat gendang? Jawabannya yaitu Alat musik gendang dibuat dari kulit binatang yang diregangkan pada mulut tabung kayu dengan berbagai bentuk dan ukuran yang berbeda-beda.
Latihan Soal PAS SD indonesia
Topik: Buku Sejarah
Subtopik: Mengenal Unsur ADiKSiMBa dalam Buku Sejarah

10. Alasan teks di atas merupakan teks dalam buku sejarah adalah ....
   A. Teks yang menggambarkan suatu benda
   B. Teks yang menjelaskan suatu gambar benda
   C. Teks yang menjelaskan tentang sejarah suatu benda
   D. Teks yang menceritakan tentang suatu benda

Jawaban: C
Pembahasan:
Teks dalam buku sejarah adalah teks yang menjelaskan sejarah sesuatu, misalnya sejarah sebuah benda, sejarah suatu tempat, dan lain sebagainya. Teks di atas menjelaskan sejarah dari gendang. Oleh karena itu, jawaban yang tepat adalah C.

No comments:

Post a Comment

Silahkan Download panduan PPDB Thn Ajar 2020/2021 Semoga Bermanfaat Panduan PPDB  Panduan PPDB Menggunakan HP/TAB Panduan ID telegram ...